7 Tren Digital Marketing yang Akan Booming di Tahun 2023

Category: INSIGHT

7 Tren Digital Marketing yang Akan Booming di Tahun 2023

Dengan terus berkembangnya zaman, kelak akan tiba tren terbaru digital marketing pada tahun 2021.

Meskipun pembukaan dekade ditandai dengan pandemi yang sepertinya tak berujung, dunia pemasaran tetap merasakan kemajuan.

Nah, kira-kira seperti apa bentuk dari tren pemasaran digital yang akan kita lihat pada tahun 2021 nanti? Yuk, simak semuanya yang telah dirangkum dalam artikel berikut ini!

1. E-commerce

tren digital marketing 2021

© Pexels.com

Belanja online bukanlah suatu hal yang baru, tetapi, pelajaran penting yang bisa dipetik dari pandemi ini adalah bahwa e-commerce merupakan sebuah kebutuhan.

Bisnis kini perlu menciptakan platform online agar produk dapat dinikmati oleh pelanggan. Intinya, bila ingin bertahan, bisnis wajib memiliki toko online.

Karena adanya pemikiran tersebut, menurut Nasdaq, pada tahun 2040, 95% dari semua pembelian akan dilakukan melalui e-commerce.

Banyak bisnis yang tidak dapat sepenuhnya beralih ke e-commerce telah gulung tikar. Itulah yang menyoroti pentingnya mengaktifkan toko online untuk para pelanggan.

Tak hanya untuk menghadapi krisis seperti pandemi, pelanggan lebih meminati e-commerce karena kenyamanan dan akses ke produk yang lebih mudah.

2. Artificial intelligence marketing

tren digital marketing 2021

© Freepik.com

Tren digital marketing berikutnya pada tahun 2021 adalah artificial intelligence marketing.

AI atau kecerdasan buatan muncul dengan berbagai cara di seluruh proses bisnis dan pemasaran.

Perusahaan dapat menggunakannya untuk meningkatkan alur komunikasi, menganalisis data, melacak penjualan, hingga memproyeksikan pola perilaku pelanggan.

Secara tidak langsung, AI akan mempermudah proses perancangan strategi pemasaran yang akan dilakukan oleh tim marketing.

Oleh karena itu, perusahaan akan mulai mempertimbangkan AI sebagai aset investasi di semua bidang pada tahun 2021 kelak.

3. Tren voice search

tren digital marketing 2021

© Freepik.com

Voice search memang sudah menjadi opsi sekarang ini. Akan tetapi, fitur tersebut dianggap masih memerlukan beberapa perbaikan karena terkadang keyword yang ter-input tidak akurat.

Nah, melansir The Digitalvoice search akan sepenuhnya dimanfaatkan dan menjadi tren digital marketing pada tahun 2021 nanti.

Mengapa demikian? Pasalnya, kini, semakin banyak pengguna yang menelusuri internet dengan cara seperti ini.

Hal ini terbukti setelah tren pembelian pada tahun 2020 menunjukkan bahwa device dengan orientasi smart home dan handsfree lebih diminati oleh pelanggan.

4. Video marketing

tren digital marketing 2021

© Unsplash.com

Menurut The Tech Learn, 60% pelanggan mengungkapkan bahwa menonton video sebelum membeli memberi produk dapat membuat mereka lebih percaya diri untuk membeli produk tersebut.

Video yang deskriptif dan menarik dapat memberikan pelanggan gambaran yang lebih jelas mengenai kelebihan dan kualitas produk.

Maka dari itu, brand sebaiknya mulai mempromosikan video DIY, kisah naratif dari pendiri perusahaan, atau bahkan bermitra dengan videografer andal.

Hal itu penting agar video yang dibuat dapat meninggalkan kesan baik di benak para pelanggan.

5. Tren social network 

tren digital marketing 2021

© Unsplash.com

Tren digital marketing berikutnya pada tahun 2021 adalah penggunaan social network sebagai sarana pemasaran.

Menurut Smart Insights, penggunaan jaringan sosial telah meningkat secara drastis.

Hal tersebut membuat perusahaan perlu mengubah kepentingan relatif dari social network sebagai metode untuk menghasilkan awareness.

TikTok terkenal sebagai platform media sosial yang terus berkembang popularitasnya secara global.

Sebagai tanggapan, Facebook telah merilis Instagram Reels. Maka, akan menarik bagaimana brand akan menggunakan platform video pendek ini untuk keperluan marketing.

6. Interactive content

© Unsplash.com

Bila membahas tren pemasaran digital untuk tahun depan, content adalah bidang yang mendapatkan sorotan utama.

AR/VR, video 360 derajat, postingan yang dapat dibeli, polling, dan kuis adalah beberapa contoh interactive content.

Konten sendiri merupakan alasan terbesar bagi pengguna untuk tinggal lebih lama di situs web perusahaan.

Oleh karena itu, konten secara otomatis dapat meningkatkan brand awareness juga brand engagement.

7. Viral marketing

© Unsplash.com

Strategi terakhir yang akan menjadi tren digital marketing pada tahun 2021 adalah viral marketing.

Melansir The Tech Learn, meskipun audiensnya sebagian besar adalah Gen-Z, bukan berarti perusahaan tidak dapat menyampaikan pesannya secara efektif.

Mengoptimalkan video TikTok dengan hashtag dan deskripsi saja tidak cukup.

Perusahaan harus memiliki konten yang unik dan orisinal agar dapat menyaring engagement yang besar.

Viral marketing tak hanya berlaku di TikTok, lho. Perusahaan juga dapat memanfaatkan thread di Twitter dan fitur IG story dan Reels di Instagram.

Menarik bukan? Itulah tujuh tren digital marketing yang diprediksi akan booming pada tahun 2021 nanti.

Intinya, perusahaan dan tim marketing-nya harus selalu mempersiapkan diri untuk menyambut perkembangan tren di dunia pemasaran.

Pasalnya, tren ini secara tidak langsung terbentuk karena preferensi user, dan cara terbaik agar produk dapat laris adalah untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan minat pelanggan.

Source: https://glints.com/id/lowongan/tren-digital-marketing-2021/#.YHnFFO4zZdg

Share this post


Konsultasikan Aset Digital Brand Kamu

Tim kami akan segera menghubungi Anda

Dapatkan Email Berlangganan kami dan Sekarang Gratis!